Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Trading Adalah? dan Apasaja Manfaatnya

Pengertian Trading Adalah

Apa itu Trading? 

Trading adalah konsep ekonomi dasar yang melibatkan pembelian atau penjualan barang atau jasa, pemberian hadiah kepada pembeli kepada penjual, atau pertukaran barang atau jasa antara para pihak. Perdagangan dapat terjadi dalam perekonomian antara produsen dan konsumen. 
Trading internasional memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar untuk barang dan jasa yang mungkin tidak tersedia dengan cara lain. Inilah sebabnya mengapa konsumen Amerika dapat memilih antara mobil Jepang, Jerman dan Amerika. Sebagai hasil dari perdagangan internasional, pasar mencakup persaingan yang lebih besar dan dengan demikian harga yang lebih kompetitif, yang membawa produk yang lebih murah kembali ke konsumen.

Semua
orang sudah tidak asing lagi dengan istilah “Trading”. Sebagian besar dari kita berdagang dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kita mungkin tidak mengetahuinya. Pada dasarnya, semua yang Anda beli di toko adalah untuk menukar uang dengan barang yang Anda inginkan.

Prinsip Trading

Istilah "Trading" secara sederhana berarti "menukar satu item dengan item lainnya." Kami biasanya memahami ini sebagai menukar uang dengan barang, dengan kata lain, hanya membeli sesuatu.

Ketika berbicara tentang trading di pasar keuangan, prinsipnya sama. Pikirkan tentang orang yang memperdagangkan saham. Apa yang sebenarnya mereka lakukan adalah membeli saham (atau sebagian kecil) perusahaan. Ketika nilai saham tersebut naik, mereka menghasilkan uang dengan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Ini adalah transaksi. Beli sesuatu dengan harga tertentu dan jual lagi dengan harga lain. Jika memungkinkan, jual dengan harga lebih tinggi untuk mendapat untung dan sebaliknya.

Tapi kenapa nilai saham naik? Jawabannya sederhana. Nilai berubah tergantung pada penawaran dan permintaan. Semakin banyak permintaan untuk sesuatu, semakin banyak orang akan bersedia membayar untuk itu.

Permintaan yang meningkat berarti harga yang lebih tinggi

Hal ini dapat dijelaskan dengan menggunakan contoh pembelian bahan makanan sehari-hari yang sederhana. Misalkan Anda berada di pasar dan hanya ada 10 apel yang tersisa di kios. Anda hanya dapat membeli apel di sini. Jika Anda adalah satu-satunya orang dan hanya menginginkan beberapa apel, pemilik kios pasar dapat menjualnya dengan harga yang wajar.

Sekarang misalkan 15 orang memasuki pasar dan semua orang menginginkan sebuah apel. Mereka bersedia membayar lebih untuk memastikan bahwa mereka benar-benar mendapatkannya sebelum orang lain. Karena itu, pemilik kios pasar tahu bahwa permintaan apel lebih banyak daripada pasokan apel, sehingga harga bisa dinaikkan.

Ketika pelanggan mencapai harga yang menurut mereka apel terlalu mahal, mereka berhenti membeli apel. Jika pemilik kios menemukan bahwa apel terlalu mahal untuk dijual, mereka mungkin berhenti menaikkan harga dan kembali ke tingkat di mana pelanggan mulai membeli apel lagi.

Peningkatan pasokan berarti harga yang lebih rendah

Tiba-tiba, pemilik kios lain memasuki pasar dan menjual lebih banyak apel. Pasokan apel telah meningkat secara dramatis. Tidak heran jika pemilik kios di pasar kedua mungkin ingin menjual apel dengan harga lebih rendah dari pemilik kios pertama untuk merayu pelanggannya. Dan tidak mengherankan jika pelanggan mungkin ingin membeli dengan harga lebih rendah.

Melihat ini, pemilik kios pertama mungkin akan menurunkan harganya. Oleh karena itu, peningkatan pasokan yang tiba-tiba menurunkan harga apel.

Harga di mana permintaan sesuai dengan penawaran disebut "harga pasar". Artinya, tingkat harga di mana pemilik kios pasar dan pelanggan sepakat baik harga maupun jumlah apel yang dijual.

Konsep penawaran dan permintaan adalah sama di dunia keuangan.

Jika perusahaan telah menghasilkan beberapa hasil yang bagus dan membayar dividen yang sangat baik, lebih banyak orang ingin membeli saham perusahaan. Peningkatan permintaan ini menyebabkan harga yang lebih tinggi untuk saham-saham tersebut.

Apa itu transaksi online?

Untuk waktu yang lama, transaksi keuangan murni elektronik antara bank dan lembaga keuangan. Ini berarti bahwa transaksi di pasar keuangan tertutup bagi siapa pun selain lembaga-lembaga ini. Perkembangan internet yang berkecepatan tinggi memungkinkan siapa saja yang ingin terlibat dalam suatu transaksi dapat melakukannya secara online.

Anda dapat memperdagangkan hampir semua hal secara online, termasuk saham, mata uang, komoditas, dan komoditas fisik. Pada tahap ini, Anda tidak perlu khawatir tentang semua ini. Untuk saat ini, jika sesuatu dapat diperdagangkan, perlu diingat bahwa itu akan diperdagangkan. Dari semua pasar ini, pasar forex adalah yang terbesar. Sekitar $ 4 triliun mata uang diperdagangkan setiap hari. Ini adalah jumlah terbesar di bursa saham mana pun di dunia.

Kesimpulan

Perdagangan adalah konsep ekonomi utama yang mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa serta imbalan dari pembeli kepada penjual. Dalam kasus lain, transaksi tersebut dapat berupa pertukaran barang/jasa antara para pihak. Perdagangan dapat terjadi antara produsen dan konsumen dalam perekonomian.

Apa manfaat Trading?

Trading dapat bekerja untuk lembaga keuangan. Dalam hal ini, mereka berdagang melalui dana dan kredit perusahaan dan dibayar dengan kombinasi bonus dan gaji. Sebagai pilihan lain, pedagang juga dapat bekerja sendiri sehingga mereka dapat berdagang dengan uang dan kredit mereka sendiri. Namun, Anda juga dapat menggunakan opsi ini untuk menyimpan semua keuntungan Anda untuk diri Anda sendiri.

Trading melibatkan pertukaran barang dan jasa, terutama dalam pertukaran uang.

Trading dapat terjadi di dalam negeri atau antar negara perdagangan. Dalam kasus perdagangan internasional, berspekulasi bahwa teori keunggulan komparatif membuktikan bahwa perdagangan adalah kepentingan semua pihak, meskipun para kritikus mengklaim bahwa hal itu sebenarnya mengarah pada stratifikasi domestik.

Meskipun para ekonom merekomendasikan perdagangan bebas antar negara, prinsip-prinsip perdagangan yang dilindungi seperti tarif mungkin muncul untuk motivasi politik.

Tren terbaru

Berikut ini adalah tren terbaru dalam perdagangan diplomatik.

1. Dinamisme yang dipaksakan

2. Kerjasama antar negara

3. Pertumbuhan pasar yang sedang berkembang

4. Berbagi teknologi

5. Liberalisasi gerakan lintas batas